Yozi Rizal Sosialisasikan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru di Kampung Sukabumi Waykanan

TERASLAMPUNG.COM, WAYKANAN — Ketua Komisi I DPRD Lampung Yozi Rizal melakukan sosialisasi Perda Lampung Nomor 03/2020 tentang Adaptasi Bebiasaan Baru, di  Kampung Sukabumi, Pakuon Ratu, Kabupaten Waykanan, Selasa (15/6/2022). Pada kesempatan itu politikus Partai Demokrat itu kembali mengingatkan tentang pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di keramaian atau ruang publik.

Sosialisasi dihadiri sejumlah pimpinan kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para pemuda.

“Meskipun pandemi Covid-19 telah mereda, tetapi kebiasaan hidup sehat dan menerapkan prokes masih harus kita terapkan. Sampai pandemi benar-benar reda dan Covid-19 menjadi endemi,” katanya.

Yozirizal mengatakan, pandemi Covid-19 telah memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat Indonesia. Terutama terkait dengan hidup sehat. Contohnya adalah soal mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker.

“Mencuci tangan dengan sabun sebenarnya sudah diajarkan sejak kita di bangku SD. Tetapi sebelum ada pandemi Covid-19, pelajaran itu seolah kita abaikan. Kita mencuci tangan hanya saat mau makan atau sehabis bekerja atau. Namun, mulai sekarang kebiasaan lama yang salah itu harus kita ubah. Meskipun Covid-19 nantinya menjadi endemi, kita harus melanjutkan kebiasaan cuci tangan dengan sehabis bepergian, keluar dari ATM, atau aktivitas lainnya,” kata dia.

“Hal yang sama juga dengan mengenakan masker,” imbuhnya.

Menurut Yozi, masker perlu dipakai jika kita berada di ruang publik untuk memberikan perlindungan bagi tubuh. Sebab, kata dia, kita tidak pernah tahu peredaran aneka virus di ruang publik.

“Pelan dan pasti, saya yakin memakai masker di ruang publik akan menjadi kebiasaan. Kalau itu baik, kenapa harus kita tinggalkan?” ujarnya.