Relawan ETOS Indonesia akan Deklarasi Dukungan Erick Thohir pada Akhir Maret 2022

TERASPARLEMEN.COM, Bandarlampung – Dukungan untuk Menteri BUMN Erick Thohir agar maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 semakin meluas. Erick Thohir disebut-sebut sebagai tokoh muda yang dinilai mampu membantu program-program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum DPP Relawan Erick Thohir Sahabat (ETOS) Indonesia, Andi Desfiandi, menyatakan  ada banyak alasan harus mendukung Erick Thohir untuk menjadi calon Presiden dalam Pemilu 2024 nanti.

“ETOS Indonesia saat ini sudah terbentuk di sebanyak 20 provinsi dan diharapkan dalam waktu dekat akan terbentuk di total 34 provinsi. Rencananya kami akan melakukan deklarasi dukungan kepada Erick Thohir secara serentak di seluruh Indonesia akhir Maret mendatang di Provinsi Lampung tepatnya di Kabupaten Lampung Tengah tempat kelahirannya,” kata Andi, Kamis (3/3/2022).

Menurutn Andi, banyak kaum milenial mendukung Erick Thohir maju dalam Pilpres 2024.

“Kami menilai Pak Erick Thohir pantas dan layak maju dalam Pilpres 2024, mengingat latar belakang dan prestasi beliau yang cemerlang,” tegas Andi.

Erick Thohir dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri BUMN Republik Indonesia ke-9 pada 23 Oktober 2019. Erick juga  dipercaya untuk memimpin Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai Ketua Umum periode 2021-2024 dan dilantik pada 23 Januari 2021.

Menurut Andi, jauh sebelum jadi pejabat negara, Erick Thohir sejak lama jadi pemimpin yang terpercaya dan berhasil pada sektor yang dikuasainya. Di antaranya sebagai pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari jaringan usaha media, hiburan dan olahraga, hingga bidang lainnya.

“Erick dinilai menaruh perhatian dan kepercayaan pada para pemimpin muda dari generasi milenial serta pemimpin perempuan. Ini dibuktikan dengan Erick menunjuk para pemimpin perempuan untuk mengisi jabatan-jabatan tinggi di BUMN. Seperti Direktur SDM, Tata Kelola dan Manajemen Risiko PT Pupuk Indonesia, Direktur Operasional PT Jasa Raharja, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Peruri (Perum Percetakan Uang Republik Indonesia),” katanya.

Kemudian Direktur PT Telkom Indonesia, Direktur Manajemen SDM PLN, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Direktur Keuangan PT Pertamina, dan Direktur Bisnis Konsumer BRI. Direktur Utama PT Sarinah dan masih banyak para pimpinan perempuan dalam jajaran direksi dan komisaris BUMN lainnya.

Erick menargetkan porsi pemimpin perempuan di BUMN harus terus meningkat hingga 25 persen pada 2023.

Erick Thohir bahkan telah beri kesempatan dan mengarahkan calon pemimpin masa depan dari generasi muda perempuan Indonesia.

Seperti saat beliau memilih perempuan milenial berprestasi untuk mengisi pengalaman menggantikan posisinya sebagai Menteri BUMN selama sehari melalui program ‘Girls Take Over’ 2021, bersama Srikandi BUMN Indonesia.

Maka itu, dari ETOS Indonesia telah membentuk sayap Milenial ETOS Indonesia dan Perempuan ETOS Indonesia, yang akan mendeklarasikan dukungan terhadap Erick Thohir.

Andi juga menjelaskan, Erick Thohir sebagai Menteri BUMN berhasil mencetak banyak prestasi.

Erick semasa jabatannya melakukan ‘bersih-bersih’ BUMN dari kasus-kasus korupsi yang dari dulu gerogoti BUMN.

Seperti kasus Jiwasraya, Asabri, Garuda, hingga Krakatau Steel, semua bukti dikumpulkan dan dilaporkan langsung ke Kejaksaan Agung.

Erick pun menanamkan nilai-nilai AKHLAK sebagai prinsip BUMN sekarang.

Sebab ia yakin, BUMN yang amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif akan menghasilkan hasil yang jauh lebih baik.

Pemikirannya itu, lagi-lagi terbukti dengan BUMN yang mencatatkan hasil yang gemilang.

Awalnya hanya memperoleh pendapatan Rp 13 Triliun pada 2020, kini BUMN berhasil meraih keuntungan hingga sebesar Rp 61 Triliun.

Andi sebut, Erick Thohir juga berhasil kembangkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.

Yakni dengan berfokus pada tiga bidang yang begitu dibutuhkan masyarakat, pendidikan, lingkungan hidup, serta UMKM.

Lalu, tanpa uang negara, Erick terus membantu masyarakat seluruh Indonesia melalui Yayasan Erick Thohir yang dibiayainya sendiri.

“Berbagai hasil survei tempatkan Erick Thohir sebagai tokoh muda potensial maju dalam Pilpres 2024 mendatang,” jelas Andi.

Andi yakin, dukungan kepada Erick Thohir untuk maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada 2024 bukan hanya dari warga Sumatra, tetapi juga dari seluruh Indonesia.

Hal itu dapat dilihat juga dari kepengurusan ETOS Indonesia yang beragam, termasuk ada akademisi, politikus, pengusaha, santri, pedagang kecil, kaum Milenial, perempuan, dan bahkan dari lintas agama dan suku bangsa.

“Saatnya kaum muda jadi pemimpin bangsa dan untuk itu kami mengusung tagline “MUDA BERIMAN”, yang artinya Muda, Cerdas, Berahlak, Berani, dan Amanah,” kata Andi.

rls