Hadiri Muktamar ke-34  NU di Lampung, Ketum Perempuan Bangsa Kunjungi DPW PKB Lampung

TERASLAMPUNG.COM —  Turut menghadiri agenda Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 di Lampung, Ketua Umum (Ketum) DPP Perempuang Bangsa Siti Mukaromah atau akrab disapa Erma berkunjung ke kantor DPW PKB Lampung, Pahoman, Bandar Lampung Selasa 21 Desember 2021.

Hadir menyambut kedatangan Erwa jajaran pengurus Perempuan Bangsa Provinsi Lampung dan Sekretaris DPW PKB Lampung Seh Ajeman. Hadir pula anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Lampung Ella Siti Nuryamah yang juga pengurus DPP Perempuan Bangsa dan jajaran Fraksi PKB DPRD Provinsi dan kabupaten/kota di Lampung.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Mars PKB dan Mars Perempuan Bangsa.

Sebelum memulai sambutan, Ketum Perempuan Bangsa (PB ) Siti Mukaromah atau akrab disapa Erma memanggil satu per satu ketua dan sekretaris PB di 15 kabupaten/kota di Lampung.

“Syukur Alhamdulillah kita hari ini bersama-sama bisa berkumpul di Sai Bumi Ruwa Jurai ini, mudah-mudahan pertemuan ini bisa mengobati kekecewaan saat satu bulan lalu tidak bisa berjumpa semua. Seluruh kader perempuan bangsa, termasuk ketua DPW PKB Lampung adalah dulu sekjen PPKB yang kemudian menjadi PB,” ujarnya.

Menurut Erma kedatangannya juga dalam rangka konsolidasi PB dalam rangka mewujudkan visi misi yang sudah diwujudkan dalam Musyawarah kerja nasional sebelumnya.

“Langkah strategis dalam rangka PKB mengantarkan kader terbaiknya memimpin bangsa. Kami datang ke sini memang kita ingin bersilaturahmi, menyatukan visi misi gerakan perempuan bangsa, ketika kemarin kita melaksanakan muskernas, kita sudah menyusun hal strategis, kita konsolidasikan, dengan semua tingkatan DPW, DPC dan lainnya,” kata dia.

Adapun beberapa hal strategis yang disepakati sebelumnya, kata dia antaralain peningkatan kapasitas dan kapabilitas.

“Beberapa hal jadi kesepakatan strategisnya adalah, PB sebagai badan otonom perempuan PKB, harus meningkatkan kapasitas dan kapasitasnya. Ketika kuota perempuan seluruh Indonesia termasuk Provinsi Lampung. Perempuan bangsa, semakin mendapatkan nilai strategis, bagaimana hari ini kita menyadari peningkatan kapasitas perempuan,” paparnya.

Menghadapi Pemilu 2024, terusnya PB harus menyiapkan kader terbaiknya untuk meraih mencapai target partai.

“Dalam rangka kemenangan PKB 2024, maka kita sepakat, 2024 harus menyiapkan kader terbaik menempati jabatan strategis. Kita sepakat bahwa DPP menargetkan minimal 100 kursi DPR RI harus diraih PKB. Kursi itu harus diwujudkan, termasuk PB berkontribusi mewujudkan hal itu,” jelasnya.

“Kalau di Lampung saya sudah tidak meragukan lagi, dari awal ketika ibu Chusnunia menjadi DPR RI, saya tahu persis beliau memberikan kesempatan luar biasa untuk perempuan. Hari ini perempuannya berapa? 4 dari 9, berarti 40 persen,” tambahnya diiringi tepuk tangan peserta.

Sementara tiu, Ketua DPW PB Lampung Hanifah Mengaku senang dengan kehadiran jajaran pengurus DPP PB.

“Senang sekali disela-sela pelaksanaan Mukramar NU ke-34 di Lampung, Ketum bisa hadir, mampir di kantor DPW PKB Lampung. PKB Lampung berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Muktmar NU ke-34 di Lampung,” katanya wanita yang menjabat anggota DPRD Provinsi Lampung ini.

“Sekali lagi atas nama PB provinsi Lampung Mohon maaf apabila atas penyambutan kurang berkenan dan ada yang kurang pantas,” tutupnya.

Senada pengurus Perempuan Bangsa Siti Ella Nuryamah mengungkapkan, berdasarkan Undang-Udang Pemilu 2008 revisi 2014, kuota 30 persen bagi kaum perempuan untuk turut berkecimpung langsung dalam politik menjadi alasan besar PKB mengembangkan sayap organisasi dengan membentuk Perempuan Bangsa.

“Selain urusan politik, Perempuan Bangsa dibentuk, untuk memberdayakan keterampilan-keterampilan yang bisa menciptakan sebuah karya yang bisa menghasilkan perbaikan ekonomi,” kata Ella.

rl